Merajut Ukhuwah? JS Goes To Sundak

pantai-sundak

Sabtu 6 Februari 2010, termasuk hari yang spesial bagi para anggota keluarga besar Jamaah Shalahudin. Kenapa? Perlu diketahui bahwa JS teramat jarang melaksanakan kegiatan rikhlah lintas departemen. Oleh karenanya, hari ke 6 bulan Februari kemarin, PH JS menyelenggarakan rikhlah akbar ke Pantai Sundak, Kemadang Kidul, Tanjungsari, Wonosari, Gunung Kidul. Rihlah ini diikuti 33 anggota JS lintas departemen, dengan 14 akhwat, 19 ikhwan.Perjalanan dimulai dengan berkumpul terlebih dahulu di secretariat JS jl. Televisia, pukul 07.00. Baru berangkat sekitar pukul 8 lebih dengan menggunakan bus kecil yang cukup nyaman. Para akhwat duduk dibagian tengah kedepan, dan 2 baris bagian belakang diisi para ikhwan. Bus mungil ini tidak cukup untuk menampung 33 orang, alhasil, ada sebagian ikhwan yang dengan ikhlas naik motor menempuh perjalanan cukup jauh yang memakan waktu sekitar 2,5 jam. Dan perjalanan ini dihiasi dengan rintik2 hujan.

Sampai di Sundak pukul 10 lebih. Subhanallah, hamparan pasir putih dan deburan ombak menyambut kami. Ditambah angin sepoi-sepoi yang semakin menambah kekaguman kami akan megahnya alam ini. Setelah bersiap, kami berbaris dengan indahnya menghadap ke hamparan Samudra Hindia. Subhanallah, betapa kecilnya makhluk bertitel manusia ini, tak ada apa-apanya bila dibandingkan hamparan samudera yang telah ditundukkan oleh Allah SWT.

Doa mengawali kegiatan di Sundak, disusul dengan sambutan dari ketua JS. Kemudian ikhwan-akhwat dipisah dan dipandu oleh masing2 pemandu. Diblok akhwat dipandu oleh Mb Intan, Mb Avis, dan Mb Desi, tak kurang dibagian jeprat-jepret ada Mb Nurul. Berhubung terbatasnya pengetahuan, disini hanya akan sedikit dipaparkan mengenai kegiatan2 akhwat. Games pertama adalah lomba makan kerupuk. Tiap akhwat dibagi berpasangan, 1 orang menunggu diatas batu karang, memegang 2 buah kerupuk, sedangakn pasangannya derada di seberang bersiap berlari melewati air, dan berkewajiban menghabiskan kerupu2 tadi. Games kedua adalah, akhwat dibagi menjadi 2 kelompok, masing2 5 orang, yang masing-masing dari anggota kelompok berlari untuk menyerahkan batu kepada panitia. Games ketiga adalah tarik tambang.

Pukul 12.00 sudah, adzan mengalun dengan indahnya di tepi pantai. Acara dipending untuk makan siang dan sholat Dzuhur. Setelah sholat, JS juga mengadakan bakti sosial dengan menyumbangkan pakaian pantas pakai kepada penduduk setempat. Alhamdulillah, antusiasme penduduk cukup tinggi.

Selesai bermuhasabah kepada Allah dan melaksanakan bakti social, acara dilanjutkan dengan sharing-sharing antar anggota JS. Ikhwan akhwat tidak dipisah, kemudian dibagi menjadi 3 kelompok. Disini masing-masing anggota memperkenalkan diri dan sharing-sharing tentang apa saja ( tenu saja yang berkaitan dengan Jamaah Shalahudin ) yang ingin disampaikan.

Acara selesai pukul 15.00, semua kembali ke bus, sebelumnya ada acara penutupan, dan terakhir berdoa, bersyukur atas lancarnya kegiatan hari itu. Setelah semua berkumpul di bus, berangkatlah kami menuju kota kami tercinta. Lelah memang, Tapi sungguh pengalaman yang tidak bisa cepat dilupakan. Dapat dilihat dari judul kegiatannya, bahwa kegiatan ini bertujuan menguatkan ukhuwah antar anggota JS, lintas departemen. Merapikan barisan dalam jalan dakwah ini. Sesuai firman Allah dalam QS. 61 : 4, “Sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka adalah suatu bangunan yang kokoh”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *