gatheringislamicworldstudents

Selasa (17/5/2011), Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) bekerja sama dengan Union of Islamic Students(UIWS)menyelenggarakan “The 7th Gathering of Union of Islamic World Students” dalam kemasan seminar Internasional dengan tema “Perubahan Sosial-Politik di Timut Tengah dan Afrika Utara: Peluang dan Tantangan Bagi Dunia Islam”. Acara ini diselenggarakan di Gedung University Club (UC) Universitas Gadjah Mada. M.Chozin yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum PB HMI yang juga merupakan alumni Jamaah Shalahuddin UGM -dahulu menjabat sebagai Kadept Ekstern- mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia, sehingga peran serta Indonesia dalam menanggapi isu-isu dan perubahan sosial politik di dunia, khususnya di dunia islam sangatlah strategis. Ketua komisi hubungan internasional PB HMI, Imam Subkhan menambahkan bahwa tema acara “Sosio-Political Change in The Middle East and North Africa: Challenges and Opportunities of the Islamic World” merupakan respon terhadap kondisi terkini di negara-negara timur tengah dan afrika utara. “Gerakan perubahan yang dimulai dari Tunisia, Mesir, Libya, Bahrain, Yaman dan termasuk Arab Saudi tentunya menjadi agenda tersendiri bagi dunia islam untuk segera mengambil sikap”.

Acara ini dihadiri oleh aktifis mahasiswa Islam dari berbagai negara antara lain Iran, Malaysia, Singapora, Thailand, Camboja, India, Pakistan, Palestina, Bahrain, Mesir, Turkei, Tajikistan, Irak, Myanmar dan tentunya juga perwakilan berbagai organisasi mahasiswa di UGM sendiri, termasuk Jamaah Shalahuddin UGM.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengkaji berbagai latar belakang, faktor yang menyebabkan perubahan sosial politik di Timur Tengah dan Afrika Utara dan implikasinya bagi dunia islam, mengidentifikasi peluang dan tantangan bagi dunia Islam terhadap perubahan sosial politik yang terjadi di Timur Tengah dan Afrika Utara dan membangun jaringan kerja antara gerakan pemuda dan pelajar Islam untuk memberikan peran strategis bagi kemajuan dunia Islam.

Seminar ini merupakan salah satu dari serangkaian agenda besar selama tiga hari (16-19/05/2011) menghadirkan pembicara kunci Dr. Sayyed Ahmad Fazeli (Direktur Eksekutif Islamic College of Advanced Studies, Jakarta) yang akan membahas mengenai Sosio Political Changes in the Islamic World ; The Case of the Revolution in Iran. Kemudian Prof. Dr. Amien Rais (Mantan Ketua PP Muhammadiyah) yang akan mengupas secara tuntas mengenai Sosio Political Changes in the Islamic World ; The Case of the Reformation in Indonesia, Dato Seri Anwar Ibrahim (Mantan Deputi Perdana Mentri Malaysia) yang juga akan membahas mengenai Sosio Political Changes in the Islamic World ; The Case of Malaysia, dan yang terakhir adalah Priyo Budi Santoso (Wakil Ketua DPR RI ; Presidium Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia-ICMI) yang akan membahas mengenai The role of Indonesia Parliament in responding sosio – political changes in the Islamic World.

By : Tim Reportase Media Opini Jamaah Shalahuddin (Ard-Um)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.