Musyawarah Kerja Jama’ah Shalahuddin UGM 1433H

js

Beberapa hari lalu (25-26/02) seluruh keluarga besar Jama’ah Shalahuddin menggelar musyawarah kerja tahunan. Kali ini di gelar di dua tempat,  di fakultas MIPA ruang S2.03 dan di fakultas ekonomika dan bisnis ruang U303. Dihadiri oleh staf-staf dari seluruh departemen yang ada di Jama’ah Shalahuddin, Ketua Jama’ah Shalahuddin sekaligus Sekretaris Jenderal.  Tema besar yang di usung oleh Lenbaga Dakwah Kapmus UGM kali ini adalah ‘Rekonstruksi Peran Jama’ah Shalahuddin Dalam Mewarnai Syiar Islam’. Untuk Tagline tahun inipun berganti menjadi Beerkarya untuk perubahan).Acara resmi di buka sekitar pukul 09.00, mundur sekitar satu jam dari yang sudah direncanakan. Musyawah kerja kali ini membahas program-program kerja selama setahun kedepan. Dari sini seluruh staf-staf Jama’ah Shalahuddin dapat mengetahui program kerja yang akan diampu oleh pengurus-pengurus baru. MC membuka acara, kemudian diikuti pembacaan susunan acara. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat al-Qur’an yang dibacakan oleh Dimas Andrean. Selanjutnya sambutan dari Ketua Jama’ah Shalahuddin, Arif Nurhayanto (Psikologi 2009). Dalam sambutannya, beliau memuji kinerja panitia musyker dari angkatan 2011 yang persiapannya lebih bagus daripada tahun sebelumnya. Musyker kali ini juga dihadiri oleh Drs.Yulianto dari KAJASHA (Keluarga Alumni Jama’ah Shalahuddin). Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan-pesan, sekaligus masukkan yang harus dilakukan oleh seluruh keluarga besar Jama’ah Shalahuudin sebagai Lembaga Dakwah Kampus. Hal ini demi perbaikan tidak hanya untuk para kader-kader Jama’ah Shalahuddin tapi juga untuk seluruh umat, baik di lingkungan kampus dan masyarakat luas.

Acara selanjutanya, yaitu pemaparan oleh seluruh biro dan departemen yang ada di Jama’ah Shalahuddin. Presentasi pertama dari Bendahara Umum Jama’ah Shalahuddin 1433 H, yaitu Ghofar Ismail (Manajemen 2009). Dalam agendanya, beliau memaparkan arahan kerja, program-program kerja, dan kebijakan-kebijakan keuangan dalam setahun kedepan. Ardian Umam (BKK JS 1433 H) berusaha menanggapi apa yang disampaikan oleh bendum,perihal sistem pengelolan infaq shalat jum’at. Dalam kesempatan ini Bendahara Umum juga menyampaikan pesan untuk  staf-staf dari seluruh departemen agar membuat laporan keuangan jika ingin meminta dana ke Bendahara Umum.

Sekitar pukul 10.00 presentasi dilanjutkan oleh Sekretaris Janderal Jama’ah Shalahuddin, Ahmad Basis (Teknik Sipil 2009). Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan arahan kerja, program kerja, musyawarah kerja, musyawarah kerja tengah tahun, syuro’ pengurus harian, musyawarah akbar dan lain-lain. Untuk pembahasan kali ini, ada beberapa tanggapan mengenai kunci sekretariat, keamanan barang-barang dan pengadaan perpustakaan. Namun semua itu bisa dijawab dengan baik. Dalam kesempatan kali ini ia juga menghimbau agar seluruh keluarga Jama’ah Shalahuddin meletakkan barang-barang pada tempatnya, misalnya saja sandal. Ia tak segan untuk mengambil tindakan bagi yang melanggar demi tercapainya kedisiplinan di lingkungan Jama’ah Shalahuddin.

Setelah pemaparan dari Sekjen, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Kepala Departemen Syiar, Dindy Agus Sumanjaya (Teknik Fisika 2009). Dalam presentasinya ia mendapat banyak masukan dari peserta musyker, seperti usulan agar memilih ustadz jangan terlalu muda, memperbaiki dokumentasi I-Lecture, membahas tema-tema yang digunakan dalam kajian, hingga waktu kajian yang terlalu padat. Presentasi ini ditunda sebentar untuk istirahat, shalat dan makan siang.

Sekitar pukul 13.00, acara dimulai kembali. Kepala departemen syiar kembali menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta musyker. Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Biro Administrasi, oleh Kabul Astuti (Sastra Indonesia 2009). Dalam pemaparannya, ia menyampaikan tentang perputakaan baru, yang sekitar sebulan lebih telah dirintis. Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Dirnas (Direktorat Nasional), yaitu Jamilatuz Zahro (Statitika 2009).

Selanjutnya presentasi dari BKK (Biro Khusus Kaderisasi) yang diwakili oleh Ardian Umam (Teknik Elektro 2009). Dalam kesempatan ini, BKK mengagendakan TKJS (Training Kepemimpinan Jama’ah Shalahuddin) yang akan dilaksanakn dalam setahun kedepan. TKJS ini berfungsi sebagai salah satu upaya merekrut para kader-kader JS, pemetaan kader dan pengkaryaan kader. BKK juga membuat format ulang kurikulum JS tentang konsep Islam, problematika ummat. Kemudian acara ditunda sekitar setengah jam untuk melaksanakn shalat Ashar.

Sekitar pukul 15.30, musyawarah kerja kembali dimulai. Kali ini giliran Departemen Media Centre menyampaikan program kerja mereka selama setahun kedepan. Presentasi disampaikan oleh Kepala Departemen Media Centre, yaitu Ervira Rusdhiana (Komsi 2010). Salah satu agenda dari departemen Media Centre yaitu sekolah Jurnalistik yang akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan, setiap pekan. Dalam pelatihan ini diharapkan para staff MC mampu mengasilkan output yang berkualitas dan mampu membuat mengelola media lebih baik dan profesional. Hari pertama musyawarah kerja 1433H ini ditutup dengan presentasi dari Departemen Kajian Strategi oleh Kepala Departemen Kastrat, Fahmi Restu Fuadillah (PSDK 2010).

Hari Ahad (26/02), musyawarah kerja kembali dilanjutkan di ruang kuliah U303 Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Acara dimulai sekitar pukul 08.30. Setelah pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an, acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dari Badan Semi Otonom Dompet Shalahuddin oleh Zunaizah Qudwatunnisa (Kedokteran Hewan 2009) selaku manajer Dompet Shalahuddin (Dosha). Selanjutnya acara dilanjutkan presentasi dari BP LDF (Badan Pendamping Lembaga Dakwah Fakultas) oleh Muhammad Nurcholis Alhadi (Hukum 2009)

Sekitar pukul 11.00, acara dilanjutkan dengan presentasi dari Departemen Sosial Masyarakat oleh Tuhu Hermawan (Teknik Mesin 2009) dilanjutkan dengan presentasi dari Tim Shar’E  yang disampaikan oleh Sasono Arisandi (Manajemen 2009). Acara di tunda sekitar satu jam untuk shalat dhuhur dan makan siang.

Musyker kembali dilanjutkan pukul 13.00 dengan presentasi penutup oleh kepala Departemen Ekstern, Riza Azyumardi A (Teknik Elektro 2009). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembuatan timeline yang dipimpin langsung oleh  Ketua dan Sekjen Jama’ah Shalahuddin. Pembahasan timeline berlangsung hingga pukul 17.00. Acara ditutup dengan pengesahan hasil Musyawarah Kerja 1433 H oleh ketua JS dan pengumuman pemenang departemen dengan jumlah peserta terbanyak saat menghadiri musyawarah kerja 1433H yang dimenangkan oleh Departemen Media Centre.(khoza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.