tkjs1

Ahad (10 Maret) dan Rabu(13 Maret 2013), BKK dan panitia TK JS1 mengadakan gathering/temu perdana calon peserta TK JS1. Gathering dimulai pukul 13.00 dan berakhir sekitar pukul 14.45 WIB. Gathering diawali dengan perkenalan antar peserta dengan tujuan agar peserta saling mengenal antara satu dengan yang lain, menjadi akrab, sehingga atmosfer kekeluargaan bisa tumbuh diantara para peserta khususnya, dan di Jamaah Shalahuddin pada umumnya. Selanjutnya dilanjutkan dengan beberapa penjelasan dari panitia dan juga dari Biro Khusus Kaderisasi(BKK). Adapun hasilnya sebagai berikut:

1.Materi TK JS 1

a. Materi I: Konsep Diri Muslim(Tauhid, mengenal Allah, Rasulullah, Ma’rifatul Islam, Ma’rifatul Insan, dll)

b. Materi II: Problematika Ummat

c. Materi III: Konsep Dakwah

d. Materi IV: JS dari masa ke masa

e. Materi V: Amal jama’i

Untuk Materi I-IV akan disajikan dalam bentuk diskusi, ceramah dari narasumber kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Untuk Materi V juga disajikan dalam outbond yang seru, asyik dan menggugah jiwa, full di hari ke-3 TK JS1

2.Tugas Membaca Bahan dan Hafalan
Temen-temen peserta TKJS1 diwajibkan Membaca Buku-Buku berikut ini:

  1. Komitmen Muslim Sejati by: Fathi Yakan |
  2. Manajemen Konflik | by: Yusuf Al-Akhsari (Rabbani Pers)
  3. FIQH Dakwah| by: M.Natsir (Bab: Wajib Dakwah)
  4. Beginilah Jalan Dakwah Mengajarkan Kami | by: Lili Nur Aulia
  5. Kisah nabi yunus yang dimakan ikan

Setelah membaca buku-buku tersebut para peserta TKJS 1 diwajibkan membuat Resume dari kelima buku tersebut dan resume dapat di kirim ke Bkkjs1433h@gmail.com paling lambat tanggal 20 Maret 2013. Peserta TKJS1 juga diwajibkan menghafal surat As-Shaff:1-5 dan Surat Ali-Imran:110

3. Tugas Kelompok

3.1 Wawancara UKM:

UKM yang akan di wawancarai masing-masing kelompok telah ditentukan oleh BKK. Daftar UKM yang akan di wawancarai masing-masing kelompok bisa dilihat di http://js.ugm.ac.id/ bersamaan dengan daftar kelompok masing-masing. Wawancara ini bertujuan untuk mempererat jalinan antar UKM, khususnya JS dengan UKM-UKM lain yang ada di UGM, sehingga Peserta TKJS1 mengetahui tanggapan dan harapan UKM lain kepada Jama’ah Shalahuddin.

3.2. Diskusi dan Presentasi

setelah melakukan wawancara ke UKM dan membaca buku-buku yang telah ditentukan, para peserta diharapkan melakukan diskusi dengan anggota kelompok masing-masing tentang Problematika ummat yang ada disekitar kehidupan para peserta TKJS, tantangan dalam berdakwah , sikap dalam berdakwah, serta konsep dakwah yang cocok untuk diterapkan dalam kondisi kekinian, yang akan menjadi jalan dan panduan gerak selama di Jamaah Shalahuddin berdasarkan buku-buku yang telah dibaca dan wawancara yang telah dilakukan. Presentasi kelompok akan dilakukan bersamaan dengan kegitan TKJS1.

4.Timeline TK JS 1
4.1. Wawancara Pra TKJS1(Maksimal sampai tanggal 20 Maret 2013)

Wawancara ini dilakukan oleh BKK Jamaah Shalahuddin kepada Peserta TKJS1 secara individu, Peserta yang ingin wawancara dapat menghubungi BKK dan waktunya menyesuaikan waktu kosong peserta TKJS. Wawancara ini bertujuan memetakan sejauh mana pemahaman para peserta tentang materi-materi yang akan disampaikan dalam kegiatan TKJS1, harapannya wawancara ini dapat mempermudah BKK dalam mengukur out put TKJS1, baik berupa pemahaman peserta tentang Materi yang telah disampaikan maupun berupa hal-hal lainnya.

Biro Khusus Kaderisasi Jama’ah Shalahuddin UGM
Irfan Islami: 085747776333
Mukhtar Witono : 085641378134
Ervira Rusdhiana: 085649353561
Anissa Prita : 085729152371
Minuk usmia : 085602054893

4.1 Pemberangkatan(22 Maret 2013)

Akhirnya tiba juga pemberangkatan TK JS 1 ke lokasi TK JS 1..^^ Pemberangkatan dilakukan pukul 15.30 WIB. Diharapkan peserta bisa shalat Ahsar di Masjid Kampus UGM. Karena pemberangkatan mayoritas adalah menggunakan Kendaraan yang disediakan panitia, maka diharapkan kerjasamanya untuk bisa datang tepat waktu. Jika ada peserta yang masih ada agenda kuliah, praktikum, dll, bisa segera dikomunikasikan dengan panitia bidang Transportasi (Hub. Fajar:08979765395)

4.1 TK JS 1(22, 23, 24 Maret 2013)

Ini dia acara inti yang ditunggu-tunggu, yakni TK JS 1 Gelombang Pertama periode 1434 H. Yang akan dilaksanakan dari tanggal 22 Maret – 24 Maret 2013. Disini kita akan belajar bersama tentang banyak hal, tentang konsep diri muslim, tentang problematika ummat, tentang dakwah, tentang Jamaah Shalahuddin, dsb. Ada juga acara outbond yang asyik dan seru. Disini kita akan menemukan satu cinta, satu keluarga di Keluarga Besar Jama’ah Shalahuddin UGM.

Nb: Jika ada peserta yang ingin ijin disesi-sesi karena ada kuliah, dll, maka bisa segera dikomunikasikan sama panitia bidang Transportasi (Hub. Fajar:08979765395).

5. Perlengkapan Perserta yang Harus dibawa

Adapun yang perlu dibawa oleh peserta TK JS1 pada tanggal 22-24 Maret 2013 adalah sebagai berikut:

a. Al-Qur’an

b. Al-Ma’tsurat

c. Peralatan shalat

d. Peralatan mandi

e. Pakaian ganti

f. Obar pribadi(jika perlu)

g. Alat tulis

h. Mantel

i. Tongkat

Untuk Pembagian Kelompok Dapat di Download disini
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Panitia atau BKK JS 1434 H!

.: BKK JS 1434 H:.
~BKK Ceria~!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *