Oleh Gustanika Hera Afififah

(Komisi A FSLDK DIY / Tim Direktorat Nasional Jama’ah Shalahuddin)

 

Rabu, 3 Juni kemarin, KM Nol–ujung Jalan Malioboro–menjadi saksi diadakannya tarhib Ramadhan oleh Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarhib Ramadhan ini diawali pawai dengan starting point depan gedung DPRD DIY. Lalu berjalan ke selatan menuju KM Nol. Jalan Malioboro pun terasa semakin ramai karena banyak pejalan kaki yang turut menyaksikan pawai ini.

Pukul dua siang pawai diberangkatkan hingga KM Nol. Terik matahari tidak menyurutkan langkah pegiat dakwah kampus se-Jogja. Setelah dibuka oleh MC dan tilawah, orasi disampaikan oleh perwakilan FSLDK dan beberapa LDK. Segenap massa yang ikut turut membagikan amunisi baik selebaran kegiatan ramadhan di kampus masing-masing, jadwal imsakiyah, bunga, juga minuman kepada warga sekitar. Seketika KM Nol terlihat begitu putih oleh dresscode yang dikenakan para aktivis dakwah kampus ini. Agenda tarhib Ramadhan yang diikuti massa sejumlah 64 orang itu pun dilanjutkan dengan pembacaan pernyataan sikap oleh FSLDK DIY yang meliputi 7 poin, yaitu:

  1. Meminta pemerintah untuk tetap mempertahankan perda anti miras
  2. Mengecam paham komunis yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD
  3. Menolak rencana pembongkaran kuburan keluarga PKI yang dilakukan sebagai upaya rekonstruksi sejarah dan kamuflase komunis
  4. Menghimbau masyarakat untuk ikut waspada terhadap penyusupan komunis
  5. Mengecam penindasan HAM yang dilakukan rezim Bashar Al Assad
  6. Menyeru PBB dan lembaga kemanusiaan dunia untuk tegas dalam penyelesaian tragedi kemanusiaan di Suriah
  7. Mengajak masyarakat untuk membantu dan berdoa akan untuk saudara-saudara kita di Suriah

Pernyataan sikap lengkap dapat dibaca di http://tinyurl.com/pspawai1437H Doa bersama pun digelar sebagai penutup acara dan dilanjutkan dengan foto bersama oleh para aktivis dakwah kampus.

One thought on “Pawai Ramadhan Antar Kampus: Sarana Edukasi Ramadhan untuk Masyarakat Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *