Balada Coklat Cinta

Oleh: Izzuddin Robbani

Ketua Tim Direktorat Nasional Jama’ah Shalahuddin UGM 1436-1437 H

(D4 Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, Sekolah Vokasi UGM, 2014)

Siang itu dikala teriknya sinar matahari berada pada kondisi terpanasnya, kami dari Jama’ah Shalahuddin UGM yang diwakili oleh Ikhwan Rivani, Yoga Sulistiya, dan Izzuddin Robbani berkunjung ke kantor Syam Organizer yang berlokasi di Manggisan, Baturetno, Banguntapan, Bantul untuk menyerahkan bantuan kaum muslimin untuk kemudian disampaikan kepada rakyat Suriah.

Kami menghimpun dana dari kaum muslimin Yogyakarta untuk rakyat Suriah pada agenda Tabligh Akbar yang diselenggarakan di Masjid Kampus UGM pada hari Jumat, 23 Desember 2016. Alhamdulillah, walaupun agenda Tabligh Akbar yang kami selenggarakan hanya dipersiapkan H-1 namun cukup tinggi antusiasme kaum muslimin untuk mengikuti agenda tersebut. Total terkumpul donasi Rp.17.900.400 ditambah dengan kurang lebih uang mata uang asing sejumlah 20 riyal. Tidak hanya itu terdapat pula cincin emas, serta satu potong coklat donasi yang berhasil kita kumpulkan.

Apa yang menarik?

Ada sepotong coklat! Tidak pernah saya bayangkan ada sepotong coklat di kotak donasi yang kami putar dari satu donatur ke donatur lain.

Masha Allah, sungguh tidak ada kebaikan yang tidak berharga. Semangat itu kami tangkap dengan melihat sepotong coklat manis, semanis hikmah yang kami dapat. Bukti tanda cinta salah satu jamaah yang berdonasi.

Berbicara soal sepotong coklat yang didonasikan, Ustadz Jojon selaku penanggung jawab Syam Organizer Yogyakarta pernah bercerita kepada kami, “Mas, dulu ada mas yang ngasih satu saset minuman anti masuk angin ke kita. Nah, sewaktu kita sampaikan amanah kaum muslimin Indonesia berupa donasi untuk Suriah, kami berikan pula Antangin itu, MashaAllah ternyata mujahidin Suriah ketagihan dengan minuman instan anti masuk angin itu. Ketika kami melaporkan donasi kaum muslimin di media kami, tak lupa kami juga mencantumkan donasi 1 saset minuman anti masuk angin tersebut, barangkali ada kaum muslimin yang membaca laporan donasi kami dan tergerak hatinya untuk memberikan sesuatu kepada rakyat Suriah.

Ternyata, setelah itu akhirnya ada donator yang memanggil tim kami untuk mendonasikan 1 mobil berisi Antangin, hahaha. Pernah juga suatu ketika ada kaum muslimin yang berdonasi sambel pecel yang dipadatkan dan kita sampaikan juga ke Suriah, ternyata banyak juga rakyat dan mujahidin Suriah yang ketagihan. Singkat cerita kemudian ada ibu-ibu yang berdonasi berkilo-kilo sambal pecel untuk rakyat Suriah. Namun sayang, kami tidak mungkin membawa barang-barang dalam jumlah banyak dan biasanya kami hanya membawa uang untuk kemudian kami belanjakan di Turki”.

Bukankah menakjubkan urusan seorang mukmin?

Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusan baik baginya dan kebaikan ini tidak dimiliki oleh selain seorang mukmin. Apabila mendapat kesenangan ia bersyukur dan itulah yang terbaik untuknya. Dan apabila mendapat musibah ia bersabar dan itulah yang terbaik untuknya. [HR. Imam Muslim].

Ditulis di Masjid Kampus UGM, pukul 17.00 WIB. Jama’ah Shalahuddin UGM.

#CatatanAktivisShalahuddin

Editor: Fakhi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *