Biro Khusus Kaderisasi

Biro Khusus Kaderisasi merupakan badan yang mengurusi perekrutan, penjaringan, pandataan, pembinaan, pengaryaan, dan penjagaan anggota Jama’ah Shalahuddin. Biro Khusus Kaderisasi merupakan badan yang bertanggung jawab atas input, process, serta output anggota. Bentuk – bentuk aktivitas yang diselenggarakan oleh Biro Khusus Kaderisasi mengarah kepada pembinaan nilai-nilai religiusitas serta pembentukan budaya-budaya yang bersifat akademis, seperti budaya literasi, diskusi, dan rilis karya.

Departemen Kajian Strategis

Departemen Kajian Strategis (Departemen Kastrat) merupakan badan yang bertugas membuat pengukuran kebijakan lembaga Jama’ah Shalahuddin atas isu – isu yang bersifat strategis. Beberapa kriteria isu yang diperdalam dan dianalisis oleh Departemen Kastrat menyangkut isu-isu keIslaman, keIndonesiaan, serta isu-isu yang secara langsung maupun tidak langsung menyentuh Jama’ah Shalahuddin, baik sebagai Unit Kerohanian Islam tingkat universitas maupun sebagai lembaga dakwah. Departemen Kastrat mengampu fungsi pengembangan budaya literasi, diskusi, dan riset yang nantinya akan diejawantahkan dalam bentuk tulisan.

Departemen Kemuslimahan

Departemen Kemuslimahan merupakan badan yang arahan geraknya sebagai wadah bagi muslimah, atau mahasiswi yang beragama Islam. Departemen Kemuslimahan menjadi wadah sekaligus instrumen untuk mengembangkan kapasitas-kapasitas bagi muslimah secara lebih khusus. Yang membedakan gerak antara Departemen Kemuslimahan dengan Biro Khusus Kaderisasi adalah ruang pendidikan yang dilakukan. Departemen Kemuslimahan menitikberatkan pada pendidikan kepada muslimah secara spesifik dan mendalam (tarbiyatunnisa).

Tim Gelanggang Mahasiswa

Tim Gelanggang Mahasiswa adalah Tim yang mengurusi terselenggaranya ibadah Sholat Jum’at di Gelanggang Mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Di samping mengampu pelaksanaan Sholat Jumat, Tim ini juga melaksanakan pemantauan dan memberikan pelayanan di Musholla Gelanggang Mahasiswa. Pelayanan tersebut yang berkenaan dengan keperluan-keperluan ibadah sehari-hari maupun pelayanan yang bersifat sosial untuk mahasiswa-mahasiswa yang intens berada di Gelanggang Mahasiswa.

Badan Semi Otonom (BSO) Dompet Shalahuddin

BSO Dompet Shalahuddin atau yang sering disebut dengan istilah DOSHA merupakan badan yang fokus pada pembinaan untuk siswa-siswi SMA-sederajat yang berada di Yogyakarta. Selain memberikan pembinaan untuk siswa-siswi SMA-sederajat, BSO Dosha juga memberikan Dana Beasiswa Dompet Shalahuddin untuk siswa-siswi SMA-sederajat. BSO Dosha juga membantu kebutuhan-kebutuhan sekolah bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Badan Semi Otonomi (BSO) Gadjah Mada Menghafal Qur’an

BSO Gadjah Mada Menghafal Qur’an atau yang serinhali disingkat GMMQ merupakan wadah bagi terselenggaraanya aktivitas kegiatan pembelajaran Al Qur’an bagi civitas akademika UGM yang beragama Islam. GMMQ ini juga sebagai penanggung jawab atas terselenggaranya Mutsabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di internal UGM.

Departemen Shariah Entrepreneurship

Shariah Entrepreneurship atau yang sering disebut dengan Shar’E merupakan departemen yang memiliki fokus pada fundraising di Jama’ah Shalahuddin. Selain merencanakan strategi – strategi untuk melakukan usaha-usaha ekonomi, Shar’E juga bergerak dalam melakukan propaganda terhadap pelaksanaan-pelaksanaan ekonomi Islam, atau ekonomi yang diatur dan sesuai dengan ajaran Islam.

Departemen Jaringan

Departemen Jaringan merupakan pintu gerbang bagi Jama’ah Shalahuddin untuk mengembangkan jaringan dan kerjasama secara kelembagaan. Di samping hal tersebut, Departemen Jaringan juga memiliki peran sebagai wadah bagi Jama’ah Shalahuddin untuk menjaga silaturahmi dengan alumni – alumni Jama’ah Shalahuddin atau Keluarga Alumni Jama’ah Shalahuddin (KAJASHA). Departemen Jaringan juga berperan untuk menerima pihak-pihak luar yang hendak melakukan kerjasama dengan Jama’ah Shalahuddin. Secara pembagian geraknya, Departemen Jaringan bergerak di sektor – sektor seperti, Jaringan internal Kampus, Ormas, Tokoh-tokoh, serta organ-organ di Internal UGM, dll.

Departemen Pelayanan dan Syiar

Departemen Pelayanan dan Syiar merupakan departemen yang mengampu kajian yang diselenggarakan oleh Jama’ah Shalahuddin. Departemen Pelayanan dan Syiar seringkali disebut dengan panggilan DPS. Kajian yang diselenggarakan oleh DPS berupa Tafsir Al Qur’an, kemudian kajian yang berkenaan dengan Tsaqofah Islamiyah. Adapun, bentuk syiar lainnya yang dilakukan oleh DPS adalah berupa syiar – syiar yang bersifat umum yang beruapa ajakan kebaikan kepada civitas akademika Universitas Gadjah Mada, dilaksanakan melalui media sosial dan lainnya.

Departemen Media Center

Departemen Media Center yang seringkali dipanggil MC merupakan wadah pusat pengembangan media di Jama’ah Shalahuddin. Agenda daripada MC ini diejawantahkan dalam bentuk, seperti Pers, JS TV, JS Radio, Publikasi dan Dokumentasi. Akun – akun media sosial Jama’ah Shalahuddin juga diampu oleh MC. MC secara geraknya menyokong Jama’ah Shalahuddin untuk lebih memasifkan dakwah melalui dunia media. MC juga turut mendukung suatu kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan oleh Jama’ah Shalahuddin secara kemediaan.

Departemen Sosial Kemasyarakatan

Departemen Sosial Kemasyarakatan sebagai wadah sekaligus instrumen di Jama’ah Shalahuddin untuk berinteraksi kepada masyarakat umum. Departemen Sosial Kemasyarakatan seringkali disebut dengan panggilan Sosmas. Sosmas merupakan tangan lain dari Jama’ah Shalahuddin untuk melakukan dakwah kepada masyarakat, yang secara spesifik berada di pedesaan. Hal ini tidak lepas dari keadaan sosio-kultural yang ada di Jogjakarta dan Universitas Gadjah Mada. Misinya adalah berdakwah, tetapi hal itu dibungkus dengan bentuk aktivitas pengajaran, kepedulian sosial, pemberdayaan masyarakat dan silaturahmi kepada masyarakat pedesaan. Selain daripada itu, Sosmas ini juga menjadi penanggung jawab di Jama’ah Shalahuddin dalam hal mitigasi bencana dan perihal kemanusiaan lainnya yang terjadi di nasional.

One thought on “Departemen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *