Review i-Lecture Ahad Pagi (18 Oktober 2015) | Tafsir Qur’an

i-Lecture Ahad Pagi | Tafsir Qur’an

Ust. Ridwan Hamidi

18 Oktober 2015

 

As Shoff-7

“Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah sedang dia diajak kepada Islam? Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang zalim.”

 

Tafsir ibnu katsir:

“Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah sedang dia diajak kepada Islam? Maksudnya, tidak ada yang lebih zalim daripada orang yang mengadakan kedustaan terhadap Allah dan menjadikan bagi-Nya segala bentuk tandingan dan sekutu, sedang ia diajak kepada tauhid dan ikhlas.

 

Oleh karena itu SWT Allah berfirman: Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang zalim.”
As Shoff-8

“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya”.

 

“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka” maksudnya, mereka berusaha keras menolak kebenaran dan kebathilan. Perumpamaan mereka itu seperti orang yang hendak memadamkan cahaya matahari dengan mulutnya. Sebagaimana hal ini merupakan hal yang sangat mustahil, demikian pula yang mereka usahakan itu adalah hal yang mustahil.

 

Rekaman kajian dapat di unduh disini i Lecture Ahad pagi 18 Okt 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.