Get To Know Archive #2 – Kegiatan-Kegiatan Unik RDK Tahun ’80-an sampai Tahun ‘90-an

Jama’ah Shalahuddin tidak lepas dari kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) yang merupakan kegiatan rutinan yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. Kegiatan-kegiatan RDK sangat beragam dan setiap tahunnya memiliki karakteristik dan tema yang berbeda-beda. 

Mari kita lihat kilas balik kegiatan RDK pada tahun 1980-an sampai tahun 1990-an dan ada beberapa kegiatan RDK yang digolongkan unik karena kegiatan ini hanya terjadi di waktu tertentu dan tempat tertentu. Kita dapat melihat kegiatan-kegiatan yang tergolong unik tersebut melalui arsip-arsip foto Jama’ah Shalahuddin, antara lain :

Kegiatan Puitisasi Al Qur’an RDK Tahun 1404 H/1984

Kegiatan puitisasi Al Quran merupakan salah satu lomba RDK 1404 H yang dilaksanakan pada tahun 1984. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimeriahkan untuk mensyiarkan kitab Al Qur’an melalui karya sastra agar lebih menarik.

Pameran Seni Budaya Islam RDK Tahun 1405 H/1985

Pameran seni budaya Islam merupakan salah satu rangkaian kegiatan RDK 1405 H yang diselenggarakan pada tahun 1985 di Taman Budaya Yogyakarta. Pameran ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai budaya islam pada khalayak masyarakat.

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD Tahun 1408 H/1988

Lomba Cerdas cermat tingkat SD ini dilaksanakan pada 4 Mei 1988. Lomba ini diikuti oleh anak Sekolah Dasar di Yogyakarta. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan islam pada anak-anak Sekolah Dasar.

Lomba Pidato Tingkat SLTP RDK Tahun 1408 H/1988

Lomba pidato dengan tema “Menggali potensi diri menuju ridho Ilahi” tingkat SLTP/SMP merupakan rangkaian kegiatan RDK. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpidato anak SLTP di Yogyakarta.

Kuliah Menjelang Pernikahan III Tahun 1409 H/1989

Kuliah pernikahan dengan tema “Keluarga Sakinah Sebagai Wadah Pembentukan Generasi Berkualitas” ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan RDK 1409 H yang bertujuan untuk memberikan ilmu pra-nikah pada mahasiswa supaya lebih mempersiapkan diri menjelang pernikahan. 

 

Bina Keluarga Muslim Jamaah Shalahuddin RDK Tahun 1410 H/1990

Kegiatan Bina Keluarga Muslim merupakan kegiatan seminar tentang pembinaan keluarga muslim. Kegiatan ini dilaksanakan pada 7 -11 April 1990. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membangun kapasitas dan kemampuan anggota-anggota Jama’ah Shalahuddin.

Pesantren Komputer : Seminar Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 1414 H/1994

Pesantren Komputer VIII merupakan kegiatan seminar tentang perkembangan teknologi komputer yang dilaksanakan pada tahun 1994 dan termasuk dalam rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus 1414 H. Kegiatan ini dahulu diselenggarakan di laboratorium referensi UGM. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk menambah pengetahuan civitas akademik tentang ilmu teknologi komputer.