Lebih dari 129 Ekor Hewan Kurban Disalurkan Melalui Lembaga Dakwah di UGM

Tahun ini, setiap lembaga dakwah baik itu tingkat kampus maupun fakultas UGM melaksanakan kegiatan kurban dengan daerah penyaluran daging kurban berbeda-beda. Lebih dari 129 hewan kurban berupa 25 sapi dan 104 kambing/domba disalurkan melalui lembaga dakwah di UGM dengan rincian sebagai berikut.

Jama’ah Shalahuddin – Safari Jama’ah Shalahuddin dalam Idul Adha (SAJADHA)

Pada tahun ini, SAJADHA 1444 H menyalurkan daging kurban ke dua dusun yang berbeda, yaitu Dusun Kaligede, Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul dan Dusun Duwet, Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Total 3 sapi dan 15 domba disalurkan di dua dusun ini, 2 sapi dan 6 domba di Dusun Kaligede serta 1 sapi dan 9 domba di Dusun Duwet. Selain itu, disalurkan pula donasi sejumlah Rp23.687.020,- dalam bentuk sembako. SAJADHA dilaksanakan dari tanggal 26-29 Juni 2023 dengan kegiatan Grand Opening, perlombaan, pembagian sembako, pawai obor, pelaksanaan salat Iduladha, penyembelihan dan penyaluran hewan kurban, hingga Grand Closing.

SAJADHA di Dusun Kaligede

Jama’ah Mahasiswa Muslim Biologi – Biologi BerQurban (BBQ)

Biologi BerQurban dilaksanakan di Masjid Al-Hayat, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada dengan total hewan kurban sejumlah 2 sapi dan 1 kambing. 

Jama’ah Mahasiswa Muslim Ekonomi (JMME) – Moslem Economic Care (MOCCA)

Pada tahun ini, MOCCA dilaksanakan di Dusun Tangkisan, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Rangkaian kegiatan MOCCA meliputi pembersamaan di TPA Masjid Al-Amin, kajian malam, takbiran, salat Idualadha, serta penyembelihan dan penyaluran hewan kurban. Jumlah hewan kurban kegiatan MOCCA adalah 1 sapi dan 4 kambing dengan dana donasi yang disalurkan adalah sebesar Rp1.050.000,-

Jama’ah Muslim Fisipol (JMF) – Antusiasme Dalam Alunan Semarak Idul Adha (ANDALUSIA)

Kegiatan ANDALUSIA dilaksanakan di Masjid Al-Irsyad, Ngowar-Awar, Balong, Girisubo, Gunungkidul. Dengan total hewan kurban 7 hewan, yaitu 1 sapi dan 6 kambing, ANDALUSIA menyalurkan daging kurbannya di dusun Ngowar-Awar. Selain itu, donasi sejumlah Rp1.100.000,- juga disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Jama’ah Muslim Geografi (JMG) – Geografi Berkurban

Kegiatan Geografi Berkurban dilaksanakan di Fakultas Geografi, UGM dan Desa Karangmojo, Gunungkidul. Total hewan kurban yang disalurkan adalah 3 sapi dan 2 kambing.

Jama’ah Vokasi Al-‘Alim (JAVA) – Vokasi Berkurban

Kegiatan Geografi Berkurban dilaksanakan di Masjid Al-Kahfi, Sekolah Vokasi, UGM pada tanggal 30 Juni 2023. Hewan kurban yang disembelih berjumlah adalah 4 ekor domba.

Keluarga Mahasiswa Islam Kehutanan (KMIK) – Qurban Bersama Rimbawan (QAWAN)

Tahun ini, QAWAN dilaksanakan di Masjid Ar-Rohman, Dukuh Balong Barat, Banjarsari, Samigaluh, Kulonprogo. QAWAN menyembelih 11 ekor kambing tahun ini dan disalurkan ke Warga Dukuh Balong Barat.

Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi (KMMF) – Safari Idul Adha (SAFRIDA)

SAFRIDA merupakan kegiatan kurban yang dilaksanakan oleh KMMF, Farmasi, UGM. Tahun ini, kegiatan SAFRIDA dilaksanakan di Musala An-Nur, Bulu, Giring, Paliyan, Gunung Kidul. Hewan kurban yang disembelih dan disalurkan adalah 2 ekor kambing. 

Keluarga Mahasiswa Muslim FKG (KAMMUS) – FKG Berkurban

FKG Berkurban dilaksanakan di Musala Al-Ikhsan, Fakultas Kedokteran Gigi, UGM. Hewan kurban yang disembelih dan disalurkan adalah 3 sapi dan 1 domba dengan total shohibul sejumlah 22. 

Keluarga Mahasiswa Muslim Pertanian (KMMP) – Rangkaian Idul Adha Pertanian (RAIHAN)

RAIHAN dilaksanakan di Dusun Jati, Giricahyo, Gunung Kidul pada 28-29 Juni 2023. Hewan kurban yang disembelih dan disalurkan adalah 10 domba dengan total donasi yang disalurkan sejumlah Rp5.475.000,-

Keluarga Mahasiswa Muslim Teknologi Pertanian (KMMTP) – Bentuk Cinta KMMTP

Bentuk Cinta KMMTP dilaksanakan di Masjid Al-Fitrah, Fakultas Teknologi Pertanian, UGM pada 28-29 Juni 2023. Hewan kurban yang disembelih dan disalurkan adalah 2 kambing  dan total donasi yang disalurkan sejumlah Rp2.160.000,-. 

Keluarga Muslim Cendekia Medika (KALAM) – Qurban KALAM Lahirkan Kebersamaan Ummat (QALBU)

QALBU dilaksanakan di Masjid Ibnu Sina, Fakultas KKMK, UGM dan Desa Kali Code, Terban pada tangga 28 dan 30 Juni 2023. Hewan kurban yang disembelih dan disalurkan adalah 2 sapi dan 5 kambing dengan jumlah sohibul sebanyak 19.

Keluarga Muslim Fakultas Hukum (KMFH) – Kurban Idul Adha KMFH

Kurban Idul Adha KMFH dilaksanakan di Dusun Ledhok Timoho, Kalurahan Muja Mucu, Kecamaran Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada tanggal 24 dan 29 Juni 2023. KMFH menyembelih 3 domba dan menyalurkan donasi dalam bentuk sembako sebesar Rp350.000,-.

Keluarga Muslim Fakultas Peternakan (KMFPT) – Gerakan Qurban Kembali ke Desa (GEMBALA)

GEMBALA dilaksanakan di dua tempat, yaitu Masjid Nurul Fikri, Fakultas Peternakan, UGM dan Musala Al-Mukarromah, Ngroto, Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo pada tanggal 22, 28, dan 29 Juni 2023. GEMBALA menyalurkan 1 sapi dan 4 domba

Keluarga Muslim Fakultas MIPA (KMFM) – Gema Idul Adha Fakultas MIPA

Gema Idul Adha Fakultas MIPA dilaksanakan pada 1 Juli 2023 dengan menyembelih seekor sapi. Terdapat juga donasi dari alumni FMIPA dan alumni yang juga disalurkan.

Keluarga Muslim Ilmu Budaya (KMIB) – Rangkaian Hari Raya Idul Qurban (RAIHAN)

Walaupun memiliki nama kegiatan yang sama dengan KMMP, kegiatan RAIHAN yang dilaksanakan KMIB memiliki singkatan yang berbeda, yaitu Rangkaian Hari Raya Idul Qurban. RAIHAN dilaksanakan di Desa Tileng, Pundoworejo, Girimulyo, Kulonprogo pada tanggal 29-29 Juni 2023. Adapun hewan yang disembelih dan disalurkan kepada warga adalah 9 ekor kambing.

Keluarga Muslim Psikologi (KMP) – Psikologi Idul Adha (PSIDUL)

Tahun ini, PSIDUL dilaksanakan di Jetis, Gn. Saren, Bantul Lor, Trimurti, Srandakan, Bantul pada 28 Juni 2023 dengan menyalurkan 9 ekor domba.

Keluarga Muslim Teknik (KMT) – Qurban Teknik (QURTEK)

Pelaksanaan Qurtek pada tahun ini bekerja sama dengan Takmir Masjid Al Mustadam, Fakultas Teknik, UGM. Selain itu, Qurtek juga dilaksanakan di Dukuh Munggang Wetan, Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Pada tahun ini, Qurtek menyembelih 8 ekor sapi dan 15 ekor kambing yang kemudian disalurkan ke Munggang Wetan maupun di lingkungan Fakultas Teknik. Selain itu, terdapat pula donasi yang disalurkan ke warga dalam bentuk sembako sebesar Rp1.076.000,-.

[/ux_text]