Mendadak Ngaji 23 Mei 2024 | “Thaharah : Sungguh, Allah Menyukai Orang yang Bertaubat dan Menyukai Orang yang Menyucikan Diri”

Sesi 1 | Penjelasan

Jagalah solat kalian terutama solat ashar karena memiliki keutamaan yang besar

Begitu juga thaharah, mencakup 2 kesucian, dzohir (melalui wudu) dan batin (menghindari penyakit hati) kesucian itu sebagian dari iman. Allah bisa melebihkan dalam melipat gandakan pahala karena melihat pada empat hal. 

  1. Melihat kepayahan (usahanya) dan keikhlasannya
  2. Tempat seperti masjidil aqsa, masjidil haram
  3. Melihat kepada waktu, ada waktu waktu tertentu dimana Allah melipat gandakan pahala hambanya, seperti pada bulan muharam, bulan ramadhan, 10 hari terakhir bulan dzulqaidah dll.
  4. Melihat kepada bentuk ibadah itu sendiri

Taubat memiliki keistimewaan. Berasal dari kata “taba yatubu taubatan” artinya kembali ke jalan Allah, bermakna penyesalan, seseorang yang bertaubat yang kembali dari jalan keburukan kepada kebaikan. Keistimewaan taubat diantaranya adalah iberi kemudahan, kebahagiaan, terbebas dri masalah. Allah menyebutkan surah hud ayat 52, nabi hud berpesan kpd kaumnya, wahai kaumku, minta ampunlah kpd tuhan klian, kmudian brtaubatlah kpd tuhan kalian, agar kalian mndapat hujan yg lebat (rizki yg brlimpah) Allah akan mnambah kekuatan, semangat hidup dan kebahagiaan, dn janganlah berpaling kpd orng orng yg brdosa. Nabi Nuh AS juga berkata yang sama kepada kaumnya. Banyak orng yg berlimpah hartanya tp tdk bahagia karena mereka lari dari penghambaan kpd Allah, lari dari taubat, lari kpd hawa nafsu :(. Dampak dari maksiat bisa berpengaruh kpd orng sekitar. Jika ingin diperbanyak rezeki, dan diberi kemudahan maka bertaubatlah, karena bertaubat itu mengganti keburukan dngan kebaikan. Taubat yg benar bkan hnya taubat nasuha. Bisa dilakukan dngan berbuat kebaikan. Dengan kebaikan yg kita lakukan, bukan hanya Allah hapuskan tapi Allah akan mengganti keburukan itu dengan kebaikan. Allah itu Maha Penerima Taubat. Taubat merupakan jalan mndapatkan keberuntungan dn mndapatkan cinta Allah. Allah menyukai orang orang yg taubat. Annur ayat 31 

Ghafir ayat 7 

Malaikat paling besar itu adalah malaikat pemikul arasy. Jarak dri telinga kpd pundaknya sebanyak 700 thun perjalanan. Malaikat pemikul arsy berdoa kpd Allah untuk orng orng yg brtaubat.

Yang ke 5 

Selain mndapat doa dri malaikat pemikul arsy. Hatinya akan bersih

Taubat itu ada 2, mutlak (umum, seluruh dosa besar maupun kecil) dan orng yg dosanya kecil, cukup mengerjakan kebaikan dan melakukan istigfar secara khusus. Dalil menyebutkan bahwa perbuatan baik dpt menghapuskan perbuatan buruk.

Thaharah mnjadi sebab orng masuk surga. Bilal bin rabah terompahny terdengar di surga, kemudian ditanya kenapa?, karena bilal selalu menjaga wudhu. Baca alquran tanpa wudhu dan baca alquran dengan wudhu itu beda. Malaikat akan mendekat kpd orng yg bersuci sebelum membaca Alquran. 

Apa beda hadas dengan najis? Hadas itu keadaan diri. Sedangkan najis itu bendanya. Najis itu sifatnya konkrit, sementara hadas itu abstrak karena tdk trlihat. Hadas itu pada diri, najis [ada tempat. Hadas itu dibersihkan dngn mandi junub dan wudhu. Klo najis yg pnting najisnya dibersikan.

Sesi 2 | Tanya Jawab
1. Bagaimana jika ada najis yg menetes, tapi situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk bersuci?

Jawab : kalau yg najisnya berasal dri dalam spt kentut, dimana keadaannya kita sering merasa was was ketika shalat. Maka kata Nabi, tetap lanjutkan salat selama kamu tidak yakin sekali kalau kamu kentut, karena rasa was was kentut ketika shalat itu berasal dari setan.

  1. Ketika seseorang bertaubat dan bermaksiat lagi, dan terus seperti itu?

Jawab : taubat itu amalan terpisah. Jika kmu sudah bertaubat, kemudian bermaksiat lagi, maka jangan bosan untuk bertaubat 🥺🥹. 

  1. Taubat yang sebenar benarnya taubat itu seperti apa?

Jawab : 

  1. Sebelum nyawa sampai dikerongkongan. Sebelum hari akhir
  2. Taubat yg dilakukan dngan menyesal. Dan tidak menyebar nyebarkan aib. 
  3. Taubat yg dilakukan dengan benar benar dengan brhenti melakukan kemaksiatan
  4. Mengembalikan kembali barang barang yg pernah dicuri/diambil tanpa izin.
  1. Teman saya memegang anjing dan kemudian bersalaman dengan saya. Apakah saya harus bersuci sebagaimana ketika terkena najis dari anjing? 

Jawab : sebelumnya prlu diketahui bahwa bulu anjing itu tdk najis. Tapi air liurnya najis. Kalau ketika itu tdk tau. Maka tdk apa apa. Tp kalau sudah tau, harus bersuci. Jika sudah berlalu tdk apa apa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.