KAP 11 Agustus 2024 | Bukti Kelayakan Thalut Menjadi Raja dan Ujian yang Diberikan Kepada Pengikutnya Part 2

Sesi 1 | Penjelasan

Surah Al-Baqarah ayat 250

 

وَلَمَّا بَرَزُوا۟ لِجَالُوتَ وَجُنُودِهِۦ قَالُوا۟ رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

 

Artinya

Tatkala Jalut dan tentaranya telah nampak oleh mereka, merekapun (Thalut dan tentaranya) berdoa: “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir”

 

Surah Al-Baqarah ayat 251

 

فَهَزَمُوهُم بِإِذْنِ ٱللَّهِ وَقَتَلَ دَاوُۥدُ جَالُوتَ وَءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ٱلْمُلْكَ وَٱلْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهُۥ مِمَّا يَشَآءُ ۗ وَلَوْلَا دَفْعُ ٱللَّهِ ٱلنَّاسَ بَعْضَهُم بِبَعْضٍ لَّفَسَدَتِ ٱلْأَرْضُ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ ذُو فَضْلٍ عَلَى ٱلْعَٰلَمِينَ

 

Artinya

Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta 

 

Surah Al-Baqarah ayat 252

 

تِلْكَ ءَايَٰتُ ٱللَّهِ نَتْلُوهَا عَلَيْكَ بِٱلْحَقِّ ۚ وَإِنَّكَ لَمِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ

Artinya

Itu adalah ayat-ayat dari Allah, Kami bacakan kepadamu dengan hak (benar) dan sesungguhnya kamu benar-benar salah seorang di antara nabi-nabi yang diutus.

 

Pada Perang Badar, Sesungguhnya kalian jumlahnya nabi dan sahabatnya di perang badar sama seperti jumlah tentara Thalut, 314 orang. Jalut adalah anak dari tentara yang berada di pasukan Thalut. Allah SWT memberikan Wahyu kepada Thalut, pendapat beberapa ulama, Thalut seorang nabi, berdasarkan firman Allah telah memilih Thalut. Thalut mendapat Wahyu untuk menguji pasukannya. Ketika Allah memberikan wahyu kepada Thalut untuk menguji pasukannya dengan orang surga. Thalut mengatakan siapapun yang bisa membunuh Jalut akan diberi kerajaannya dan dinikahkan dengan anaknya. Daud a.s menggunakan batu untuk membunuh Jalut.

Allah SWT menjelaskan ketika pasukan Thalut mengalahkan pasukan Jalut, Allah SWT mem pasukan kebenaran meskipun jumlahnya sedikit. Allah SWT memberikan kenabian kepada Daud. Allah memberikan kerajaan dan Al Hikmah karena berhasil membunuh Jalut. Daud menjadi raja dan nabi sebagaimana Allah menjadikan ayahnya yaitu Sulaiman sebagai raja dan nabi. Hikmah disandingkan dengan kitab bisa berarti as sunah kalau Hikmah disandingkan dengan kerajaan, hikmah adalah kenabian. Seandainya Allah tidak melindungi manusia sebagian mereka dengan sebagian yang lain, maka mereka akan membuat kerusakan di bumi. Kerusakan dengan kesyirikan, kemaksiatan. Jihad fisabillah tidak dianggap pemaksaan atau kekerasan seperti yang digambarkan orang barat, jihad fisabilillah, sebuah karunia dari Allah SWT. Sehingga kalau diliat sejarah arab, arab dulu berpecah, tetapi setelah Islam datang, Islam mampu menyatukan mereka.

Pada ayat 252, Allah mengalihkan tema pembicaraannya, Ayat-ayat Allah ada dua,  yaitu Ayat Kauniyah, tanda kebesaran Allah, dapat dilihat dari apa yang ada di alam semesta serta Ayat Qauliyah ayat yang Allah SWT letakkan di dalam Al-Qur’an.

 

Kesimpulan

Termasuk kesempurnaan peribadatan Allah SWT ketika ia kembali kepada Rab nya dalam kondisi sulit. Ketika ia sulit, ia kembali kepada Allah SWT dengan doa. Nabi ketika Perang Badar, berdoa, ya Allah berikan janji yang telah engkau janjikan, mengulang tiga kali. Wahai Allah jika Engkau menghancurkan kelompok yang sedikit ini, maka Engkau tidak akan lagi disembah. Cukuplah rintihanmu kepada Allah SWT, karena Ia akan menepati janjinya kepadamu. Ketika zaman peperangan, kematian itu di depan mata. Para sahabat ketika  perang badar, mengalami hal yg sama ketika menghadapi pasukan yang banyak dalam perang, mereka merasa nyawanya sudah sampai di kerongkongan. Memohon untuk diteguhkan kaki-kaki mereka dalam jihad fisabilillah. Dalam ayat ini Allah tidak menyebutkan bahwa bantulah kami atas musuh-musuh kami, peperangan yang mereka lakukan untuk menghapuskan kekufuran dan meninggikan keagungan Allah SWT.

Syahid adalah sebagai berikut, Mati syahid dunia akhirat seperti dialami Syuhada mati dimedan peperangan. Mayit tidak wajib dimandikan, dikafani, disholatkan langsung dikubur. Mati syahid Dunia saja, seperti dialami pejuang tetapi tidak ikhlas hanya ingin minta dikatakan Pahlawan. Kemudian, Mati syahid Akhirat saja, seperti mati sakit perut, mati sedang melahirkan, mati tenggelam, tertimpa benda, mati sedang menuntut ilmu ataupun sedang mengajar dan lainnya. Ketika seseorang bersandarkan kepada dirinya atas apa yang sudah dia persiapkan,  maka hasilnya bisa buruk. Bersandar kepada Allah, bukan kepada jumlah pasukan. Kebutuhan manusia untuk diberikan keteguhan untuk ketaatannya kepada Allah SWT . Tidak ada yang bisa menjamin ia bisa sabar, teguh, Istikomah. Pentingnya as saba, karena berkaitan dengan fenomena futur. 

Penetapan tentang ayat-ayat Allah SWT yang bersifat syar’i, Al-Qur’an. Al-Qur’an itu seluruhnya adalah benar, datang dari Allah SWT dan turun membawa kebenaran. Penetapan nabi Muhammad bahwa ia benar rasul. Ada para rasul lain selain Muhammad Saw. Perbedaan rasul dan nabi yaitu, Rasul dapat Wahyu dan diperintahkan untuk menyampaikan, Nabi hanya mendapatkan Wahyu dan tidak diperintahkan untuk menyampaikan. Pendapat yang sahih yaitu, Rasul itu diurus kepada kaum yang pada masa itu sudah terjadi penyimpangan dalam masalah tauhid, Nabi, belum ada penyimpangan masalah tauhid. Dari para rasul ada yang disebut dengan ulul Azmi yang memiliki tekad yang sangat kuat dan kesabaran yang besar untuk menghadapi umatnya, yakni Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, Muhammad. Ini berkaitan dengan kisah syafaat di Padang mahsyar, ketika dalam keadaan sulit, meminta syafaat kepada nabi Adam, ada alasan, Nuh, ada alasan, Musa, ada alasan, Isa, memerintahkan untuk mendatangi Muhammad, Muhammad sujud, diberikan izin oleh Allah untuk memberikan safaat. Selama Islam belum menjadi guru peradaban, yang terjadi hanya kerusakan-kerusakan. Pada masa ini pun kita menghadapi tantangan yang sama. Hubungan sebelum pernikahan, lgbtq yang merupakan penyimpangan, dan masih banyak lagi.

 

Sesi 2 | Tanya Jawab

  1. Peran aktif nabi Samuel pada kisah Thalut Jalut daud?

Memberikan kepada Thalut sebagai raja, ditentang Bani Israil karena merasa Thalut tidak memiliki harta yang banyak

Thalut diberikan kekuatan oleh Allah dengan ilmu

  1. Dalam peristiwa tersebut apakah ada produk fiqih yang dihasilkan?

Ketika daud membunuh Jalut dengan batu

  1. Kesalahan berpikir banyak orang?

Melihat Islam dari pemeluknya.

Melihat itu dari agamanya, bukan pemeluknya

  1. Bolehkan tidak membaca bacaan solat ketika solat padahal hafal?

Alfatihah ketika tidak dibaca, tidak sah salatnya, kecuali belum baligh

Misal belum bisa bahasa Arab, dicukupkan untuk berdzikir, diawali dengan takbiratul ihram. Katau betul-betul tidak bisa, bisa diterjemahkan dalam bahasanya.

Perintahkan keluargamu untuk solat. Wastobir. Memiliki makna sabar yang lebih besar.

 

Pertanyaan dari minggu lalu

  1. Asi lebih dari 2 tahun?

Jawab

Lebih dari dua tahun tidak apa-apa

  1. Apa saja tugas suami di rumah?

Jawab

Banyak yang hanya menuntut hak dan tidak melaksanakan kewajiban. Pernikahan adalah ibadah. Laksanakan apa yang menjadi kewajibannya.

Tanggung jawab mengajar istri dan anak itu suami. Jadi harus cari ilmunya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.