Ramadhan di Kampus 1442 H – Week 3

Sudah tiga pekan kita menjalani bulan Ramadhan. Kegiatan RdK UGM dalam pekan ketiga ini meliputi: kajian Samudra, diskusi Ngopi Susu, kajian Nuzulul Quran, dan pembagian makanan buka puasa yang dilakukan setiap hari.

Jadwal untuk berbagai kegiatan Ramadhan di Kampus UGM 1442 H dapat diakses di sini. Jadwal tersebut juga sudah mencakup tema kegiatan dan rencana pembicara.

Berikut adalah rangkaian kegiatan pada pekan ketiga bulan Ramadhan ini

Samudra (Safari Ilmu di Bulan Ramadhan)

Samudra merupakan kajian tematik yang diisi oleh tokoh-tokoh besar sesuai bidangnya. Acara ini disiarkan melalui Youtube RDK UGM

Samudra 5

Kajian Samudra yang kelima terlaksana pada hari Selasa, 27 April 2021. Kajian ini mengambil tema Urgensi Kemurnian Islam di Tengah Tuntutan Perubahan Zaman. Pembicara dalam kajian samudra ini adalah Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. (Dosen STDI Imam Syafi’i Jember). Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini.

Samudra 5 RdK UGM - Ustadz Syafiq Basalamah

Samudra 6

Kajian Samudra yang keenam terlaksana pada hari Kamis, 29 April 2021. Kajian ini mengambil tema Diskursus Politik Persatuan Islam di Tengah Arus Conservative Turn. Pembicara dalam kajian samudra ini adalah Ustadz Dr. KH. Jeje Zainuddin (Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persis, Ketua MUI). Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini.

Samudra 6 RdK UGM - Ustadz Jeje Zaenudin

Ngopi Susu 4

Ngopi Susu (Ngobrol Perkara Isu-Isu) yang keempat terlaksana pada hari Sabtu, 1 Mei 2021. Temanya adalah Radikalisme, Fundamentalisme, dan Kebangkitan Populisme Agama di tengah Arus Politik Identitas. Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini. Moderator dalam acara ini adalah Bapak Muhammad Najib A, Ph. D (Kepala PSKP UGM). Sementara itu, pembicaranya adalah:

  • Prof. Dr. Komaruddin Hidayat (mewakili Menteri Agama RI)
  • Drs. Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama RI 2014-2019)
  • Dr. Ismail Hasani, S.H., M.H. (Direktur Eksekutif Setara Institute)

Ngopi Susu 4 RdK UGM - Prof Komaruddin - Lukman Hakim - Ismail Hasani

Nuzulul Quran

Acara Nuzulul Quran ini merupakan pengajian untuk memaknai hari diturunkannya Al-Qur’an. Acara ini telah terselenggara pada hari Ahad, 2 Mei 2021. Kajian dalam acara ini mengambil tema Kontekstualisasi Al-Qur’an dalam Memaknai Kehidupan di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Dalam acara ini, pembicara yang membersamai kita adalah Prof. KH. Nasaruddin Umar, MA., Ph.D. (Imam Besar Masjid Istiqlal). Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini.

Nuzulul Quran RdK UGM - Prof. K.H. Nasarudin Umar, MA., Ph.D. Nuzulul Quran RdK UGM - Prof. K.H. Nasarudin Umar, MA., Ph.D. 2

Pembagian Makanan Buka Puasa

Pembagian Makanan Buka Puasa diadakan setiap hari di bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan dengan sistem Drive Thru dan menerapkan protokol kesehatan. Terdapat dua titik pembagian, yaitu di Jalan Prof. Dr. Notonagoro dekat lembah UGM dan di Jalan Agro dekat FKT UGM.

 


Donasi Ramadhan di Kampus UGM

Open Donation Ramadhan di Kampus UGM 1442 H

Kebutuhan Dana

Acara : Rp135.000.000,00
Buka Bersama : Rp182.000.000,00

Transfer BRI Syariah: 1059963844 (a.n. Salsabiela Milenia Putri)

Konfirmasi ke Salsa (0857 5020 9612) dengan format Nama_Nominal_Tanggal pembayaran

Donasi dapat berupa uang, logistik, dan makanan. Selain melalui transfer, donasi dapat dikirimkan langsung ke sekretariat Jama’ah Shalahuddin di sayap selatan Masjid Kampus UGM

 

Media Sosial Ramadhan di Kampus UGM

Berbagai update dapat dilihat melalui media sosial berikut, utamanya melalui Instagram. Siaran langsung dan video rekaman dapat dilihat di Youtube.

Youtube : RDK UGM
Instagram : @rdkugm
Twitter : @rdkugm
Facebook : Ramadhan di Kampus UGM
LINE : Ramadhan di Kampus
Spotify : RDK UGM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.