Ramadhan di Kampus 1442 H – Week 4

Alhamdulillah berbagai rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus UGM di bulan Ramadhan tahun ini telah terlaksana. Pada pekan terakhir di bulan Ramadhan ini, kegiatan yang telah terlaksana meliputi: kajian Samudra dan diskusi Ngopi Susu, Syariah Financial Class dan Muslimah Upgrading Skill, serta pembagian makanan buka puasa yang dilakukan setiap hari.

Jadwal untuk berbagai kegiatan Ramadhan di Kampus UGM 1442 H dapat diakses di sini. Jadwal tersebut juga sudah mencakup tema kegiatan dan rencana pembicara.

Berikut adalah rangkaian kegiatan pada pekan terakhir bulan Ramadhan ini.

Samudra (Safari Ilmu di Bulan Ramadhan)

Samudra merupakan kajian tematik yang diisi oleh tokoh-tokoh besar sesuai bidangnya. Acara ini disiarkan melalui Youtube RDK UGM

Samudra 7

Kajian Samudra yang ketujuh terlaksana pada hari Selasa, 4 Mei 2021. Kajian ini mengambil tema Menyongsong Generasi Islam yang Rabbani melalui Momentum Indonesia Emas 2045. Pembicara dalam kajian samudra ini adalah Ustadz Dr. H. Muhammad Zaitun Rasmin. LC., M.A., (Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, Wakil Sekretaris MUI). Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini.

Samudra 7 RdK UGM - Dr. H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. 2

Samudra 8

Kajian Samudra yang terakhir terlaksana pada hari Kamis, 6 Mei 2021. Kajian ini mengambil tema Masjid sebagai Pusat Peradaban yang Berkeadilan. Pembicara dalam kajian samudra ini adalah Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, Wakil Presiden RI ke-10 & ke-12). Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini.

Samudra 8 RdK UGM - Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla

Ngopi Susu 5

Ngopi Susu (Ngobrol Perkara Isu-Isu) yang terakhir ini terlaksana pada hari Ahad, 9 Mei 2021. Temanya adalah Implementasi Nilai Ketuhanan dalam Kemajuan Ilmu dan Teknologi di Era Post-Modern. Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini. Moderator dalam acara Ngopi Susu 5 ini adalah Bapak Dr. Agus Humawan Utomo, M. Ag. (Wakil Dekan Fakultas Filsafat UGM). Sementara itu, pembicaranya adalah:

  • Prof. dr. Amin Soebandrio. Ph.D, Sp.MK. (Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Guru Besar Ilmu Mikrobiologi Klinik UI)
  • Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag. (Dosen Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  • Dr. Aton Yulianto, M.Eng (Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi RI)

Ngopi Susu 5 RdK UGM - Aton Yulianto - Fahruddin Faiz - Amin Soebandrio Ngopi Susu 5 RdK UGM - Prof. dr. Amin Soebandrio, Ph.D, Sp.MK Ngopi Susu 5 RdK UGM - Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M. Ag., Ngopi Susu 5 RdK UGM - Dr. Aton Yulianto, M. Eng

Syariah Financial Class Seri 3

Acara ini merupakan kelas finansial syariah yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Peserta perlu mendaftar melalui s.id/DaftarSFC1442H. Pada pertemuan terakhir di tanggal 7 Mei 2021 ini, temanya adalah Investasi Syariah dan Kesempatannya dengan pembicara:

  • Nur Agis Aulia, S.Sos. (Owner Jawara Farm, Owner Agro Niaga Global)
  • Deri Yustria, S.E., MBA. (Assistant Manager Sharia Capital Market Development, Indonesia Stock Exchange)

Syariah Financial Class 3 RdK UGM - Nur Agis Aulia - Deri Yustria

Muslimah Upgrading Skill Seri 3

Acara ini merupakan kelas peningkatan skill khusus untuk muslimah yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Peserta perlu mendaftar melalui s.id/DaftarMUS1442H. Pada pertemuan terakhir di tanggal 8 Mei 2021 ini, temanya adalah Manajemen Peran Muslimah dalam Kebijakan Publik sebagai Tonggak Peradaban dengan pembicara:

  • Tirta Meyrizka Lubis, A.Md. (Director of Tirta Foundation, Mahasiswa Berprestasi Sekolah Vokasi UGM)
  • Dewi Permata Sari, S.I.Kom. (Owner @kiciks_muslimah, Wirausahawan Muda Berprestasi Nasional)

Muslimah Upgrading Skill 3 RdK UGM - Tirta Meyrizka - Dewi Permata Sari

Pembagian Makanan Buka Puasa

Pembagian Makanan Buka Puasa diadakan setiap hari di bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan dengan sistem Drive Thru dan menerapkan protokol kesehatan. Terdapat dua titik pembagian, yaitu di Jalan Prof. Dr. Notonagoro dekat lembah UGM dan di Jalan Agro dekat FKT UGM.

Pengumuman Juara One Minute Booster Competition

One Minute Booster Competition adalah kompetisi video dakwah kreatif dengan durasi maksimal satu menit yang akan di posting melalui sosial media Instagram dari masing-masing peserta. Peserta terbaik akan mendapatkan reward menarik dari panitia. Acara ini mengambil tema Refleksi Pandemi untuk Hidup yang Lebih Berarti. 

Setelah melalui penjurian oleh dewan juri, didapatkanlah juara One Minute Booster Competition Ramadhan di Kampus UGM 1442 H:

  • Juara 1: Fatmitha Nabila nilai 68.5 (@ftmitanbl)
  • Juara 2: Ken Nayyara Azkhira Ramadhan, Nilai 65,5 (@kennazkh)
  • Juara 3: Fitri Nurul Azizah, nilai 64.5 (@fitrinurula_)
  • Juara favorit : Wildan Khoeruddin Arrahman (@willl.arrr)

Karya hebat mereka dapat dilihat di post Instagram RdK UGM pada link ini.


Di akhir bulan Ramadhan ini, kami panitia Ramadhan di Kampus UGM mengucapkan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak dalam mendukung acara ini. Mulai dari pihak kampus UGM, para sponsor dan donatur, para pembicara, serta hadirin sekalian. Kami juga mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini.

Semoga Allah menerima seluruh amal kita dan mengampuni seluruh dosa kita. Aamiin…

 

 


Donasi Ramadhan di Kampus UGM

Open Donation Ramadhan di Kampus UGM 1442 H

Kebutuhan Dana

Acara : Rp135.000.000,00
Buka Bersama : Rp182.000.000,00

Transfer BRI Syariah: 1059963844 (a.n. Salsabiela Milenia Putri)

Konfirmasi ke Salsa (0857 5020 9612) dengan format Nama_Nominal_Tanggal pembayaran

Donasi dapat berupa uang, logistik, dan makanan. Selain melalui transfer, donasi dapat dikirimkan langsung ke sekretariat Jama’ah Shalahuddin di sayap selatan Masjid Kampus UGM

 

Media Sosial Ramadhan di Kampus UGM

Berbagai update dapat dilihat melalui media sosial berikut, utamanya melalui Instagram. Siaran langsung dan video rekaman dapat dilihat di Youtube.

Youtube : RDK UGM
Instagram : @rdkugm
Twitter : @rdkugm
Facebook : Ramadhan di Kampus UGM
LINE : Ramadhan di Kampus
Spotify : RDK UGM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.