Ramadhan di Kampus 1442 H – Week 1

Alhamdulillah kita telah menjalani tujuh hari pertama dari bulan Ramadhan. Di tujuh hari pertama ini, Ramadhan di Kampus UGM 1442 H telah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Mulai dari pembagian makanan buka puasa yang dilakukan setiap hari, kajian Samudra dan diskusi Ngopi Susu, Syariah Financial Class dan Muslimah Upgrading Skill, sampai Ramadhan Inspiring Talk.

Jadwal untuk berbagai kegiatan Ramadhan di Kampus UGM 1442 H dapat diakses di sini. Jadwal tersebut juga sudah mencakup tema kegiatan dan rencana pembicara.

Samudra (Safari Ilmu di Bulan Ramadhan)

Samudra merupakan kajian tematik yang diisi oleh tokoh-tokoh besar sesuai bidangnya. Acara ini disiarkan melalui Youtube RDK UGM

Samudra 1

Kajian Samudra yang pertama terlaksana pada hari Rabu, 14 April 2021. Kajian ini mengambil tema Pendekatan Dakwah Berbasis Budaya dengan Berlandaskan pada Nilai-Nilai Islam Nusantara. Pembicara dalam kajian samudra ini adalah Gus Muwafiq (tokoh Nahdlatul Ulama). Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini.

Samudra 1: Gus Muwafiq (Tokoh Nahdhatul Ulama)

Samudra 2

Kajian Samudra yang kedua terlaksana pada hari Kamis, 15 April 2021. Kajian ini mengambil tema Aktualisasi Dakwah melalui Amal Usaha di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Rangka Menuju Islam yang Berkemajuan. Pembicara dalam kajian samudra ini adalah Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah). Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini.

Samudra 2: Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah)

Ngopi Susu (Ngobrol Perkara Isu-Isu)

Ngopi Susu merupakan kegiatan diskusi mengenai isu-isu tertentu dengan menghadirkan tokoh-tokoh sesuai bidangnya. Acara ini disiarkan melalui Youtube RDK UGM

Ngopi Susu 1

Ngopi Susu yang pertama terlaksana pada hari Rabu, 14 April 2021. Temanya adalah Pengelolaan Resiko Bencana Berbasis Pendekatan Keislaman untuk Kehidupan yang Berkesinambungan. Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini. Pembicara dalam Ngopi Susu 1 ini adalah:

  • Budi Setiawan (Ketua Muhammadiyah Disaster Management)
  • Ir. Harkunti Pertiwi Rahayu, Ph. D. (Ketua Umum Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia)
  • Mahajud S, S.Sos., M.Si. (Sub. Bidang Kesiapsiagaan BPBD DIY)

Ngopi Susu 1: Budi Setiawan (Ketua Muhammadiyah Disaster Management)Ngopi Susu 1: Ir. Harkunti Pertiwi Rahayu, Ph. D. (Ketua Umum Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia)Ngopi Susu 1: Mahajud S, S.Sos., M.Si. (Sub. Bidang Kesiapsiagaan BPBD DIY)

Ngopi Susu 2

Ngopi Susu yang kedua terlaksana pada hari Ahad, 18 April 2021. Temanya adalah Konsep Masyarakat Madani sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Korupsi dan Oligarki yang Menguasai Negeri. Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini. Pembicara dalam Ngopi Susu 2 ini adalah:

  • Giri Suprapdiono (Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK)
  • Dr. Zainal Arifin M., S.H., LL.M. (Dosen Hukum Administrasi Negara UGM)
  • Haris Azhar, S.H., M.A. (Direktur Eksekutif Lokataru Foundation)

Ngopi Susu 2: Konsep Masyarakat Madani sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Korupsi dan Oligarki yang Menguasai Negeri, Giri Suprapdiono, Dr. Zainal Arifin M., Haris Azhar

Ramadhan Inspiring Talk

Ramadhan Inspiring Talk merupakan talkshow yang diisi oleh tokoh-tokoh muslim inspiratif. Acara ini telah terlaksana pada hari Ahad, 18 April 2021. Tema acara ini adalah Mengambil Peran, Menebarkan Kebermanfaatan. Acara dapat dilihat di Youtube melalui link ini. Pembicara dalam Ramadhan Inspiring Talk ini adalah:

  • Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D. (10 Ilmuwan Berpengaruh Dunia versi Jurnal Nature 2020)
  • Indah Shafira, M.Ed. (Awardee LPDP Harvard University, Research Analyst at The World Bank)
  • dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed. (CEO Indonesia Medika)

Ramadhan Inspiring Talk: Prof. Adi Utarini, Indah Shafira, Gamal Albinsaid

Syariah Financial Class Seri 1

Acara ini merupakan kelas finansial syariah yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Peserta perlu mendaftar melalui s.id/DaftarSFC1442H. Pada pertemuan pertama di tanggal 16 April 2021 ini, temanya adalah Mengenal Manajemen Finansial Ideal dengan pembicara:

  • Ir. Adiwarman Azwar Karim, S.E.,. M.B.A., M.A.E.P. (Anggota Dewan Syariah Nasional MUI, Direktur Karim Consulting Indonesia)
  • Hery Gunawan Muhamad (Kepala Divisi Syariah FAC Sekuritas Indonesia)
  • Nur Agis Aulia, S.Sos. (Owner Jawara Farm, Owner Agro Niaga Global)

Syariah Financial Class 1: Ir. Adiwarman Azwar Karim, S.E.,. M.B.A., M.A.E.P., Hery Gunawan Muhamad, Nur Agis Aulia

Muslimah Upgrading Skill Seri 1

Acara ini merupakan kelas peningkatan skill khusus untuk muslimah yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Peserta perlu mendaftar melalui s.id/DaftarMUS1442H. Pada pertemuan pertama di tanggal 17 April 2021 ini, temanya adalah Urgensi Public Speaking dalam Menunjang Karier Seorang Muslimah dengan pembicara:

  • Analisa Widyaningrum, S.Psi., M.Psi. (Director & Founder of Analisa Personality Development Center)
  • Tirta Meyrizka Lubis, A.Md. (Director of Tirta Foundation, Mahasiswa Berprestasi Sekolah Vokasi UGM)
  • Dewi Permata Sari, S.I.Kom. (Owner @kiciks_muslimah, Wirausahawan Muda Berprestasi Nasional)

Muslimah Upgrading Skill: Analisa Widyaningrum, Tirta Meyrizka Lubis, Dewi Permata Sari

Pembagian Makanan Buka Puasa

Pembagian Makanan Buka Puasa diadakan setiap hari di bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan dengan sistem Drive Thru dan menerapkan protokol kesehatan. Terdapat dua titik pembagian, yaitu di Jalan Prof. Dr. Notonagoro dekat lembah UGM dan di Jalan Agro dekat FKT UGM.

Pembagian Makanan Buka Puasa

 


Donasi Ramadhan di Kampus UGM

Open Donation Ramadhan di Kampus UGM 1442 H

Kebutuhan Dana

Acara : Rp135.000.000,00
Buka Bersama : Rp182.000.000,00

Transfer BRI Syariah: 1059963844 (a.n. Salsabiela Milenia Putri)

Konfirmasi ke Salsa (0857 5020 9612) dengan format Nama_Nominal_Tanggal pembayaran

Donasi dapat berupa uang, logistik, dan makanan. Selain melalui transfer, donasi dapat dikirimkan langsung ke sekretariat Jama’ah Shalahuddin di sayap selatan Masjid Kampus UGM

 

Media Sosial Ramadhan di Kampus UGM

Berbagai update dapat dilihat melalui media sosial berikut, utamanya melalui Instagram. Siaran langsung dan video rekaman dapat dilihat di Youtube.

Youtube : RDK UGM
Instagram : @rdkugm
Twitter : @rdkugm
Facebook : Ramadhan di Kampus UGM
LINE : Ramadhan di Kampus
Spotify : RDK UGM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.