Mendadak Ngaji 22 Agustus 2024 | “Umar bin Khattab: Strategi Militer & Ekspansi Wilayah dalam Islam”

Sesi 1 | Penjelasan

Khalifah Umar bin Khattab berasal dari suku bangsa Adi. Sewaktu beliau ditusuk tiga kali oleh Abdullah, beliau menanyakan kepada Abdullah mengenai utang-piutangnya dan menyampaikan apabila ada bisa disampaikan kepada bangsa adi. Sebelum masuk Islam, beliau adalah seorang penengah perang suku, diplomat, pembela kehormatan serta kemuliaan kabilah. 

Pada masa itu, banyak sekali penyiksaan terhadap pemeluk Islam. Begitu juga dengan Umar bin Khattab pada masa itu. Beliau adalah seorang ahli puisi Arab. Mengetahui adiknya yang masuk Islam, beliau tentu marah. Akan tetapi mendengar bacaan Al-Qur’an, ia berubah dan memeluk Islam. Sejak saat itu, kaum muslimin bisa sholat di Ka’bah. Keselamatan nabi pun lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kabar masuknya Umar bin Khattab tentunya mengguncang kaum Quraisy. Umar juga mengangkat persaudaraan dengan Abu Bakar. Bahkan, bisa dikatakan satu paket. Mereka berdua pernah menjadi petani, bersama dengan Ali R. A. Beliau juga mendapat gelar Al Faruq karena bisa membedakan antara yang haq dan yang batil. 

Bagaimana umat bisa bersentuhan dengan dunia militer?

Awalnya kaum muslimin hanyalah sekelompok atau jamaah kecil. Cara menggunakan pasukan berkuda kavaleri yang sekarang digunakan sebagai nama tank. Model perang kaum muslimin ialah sabit dimana tengah memukul dan kanan kiri menyambung. Kekuatan perang Islam bersifat dinamis maupun melakukan perkawinan antara pasukan perang bangsa Arab dengan perempuan Romawi sehingga menyerap banyak budaya perang. Pengalaman Umar bersama abu bakar yakni Umar menyematkan baju perang dan abu bakar memberikan pedang kepada nabi Muhammad sebelum perang Uhud serta mendampingi beliau. Nabi memerintahkan Umar untuk menuju Syam supaya mengatasi perang di perbatasan Palestina. Akan tetapi hal tersebut gagal. Umar bin Khattab sangat tidak percaya nabi wafat. Melihat banyaknya para penghafal Al-Qur’an yang meninggal, Umar memiliki ide untuk mengumpulkan bacaan bacaan quran melalui Zaid bin Tsabit. Kemudian Zaid bin Tsabit menyerahkannya pada Hafsah. Umar pun pernah menyerbu di aqrab karwba muncul komplotan-komplotan. Umar selalu mendampingi nabi, begitu pula dengan abu bakar. Sampai akhir hayat, umar pun dipilih oleh abu bakar menjadi khalifah berikutnya. Kata kata Umar yang menjadi fenomenal setelah dibaiat yakni “Orang Arab ibarat unta yang jinak. ia mengenal baik pemimpinnya dan tahu ke Arab mana ia dipimpin”. Umar juga mewarisi permusuhan serta buruknya hubungan kaum muslimin dengan kekuasaan romawi

 Pada masa Umar pula, masjid juga dijadikan sebagai lembaga pendidikan. Sungguh hebat bagaimana selain fokus pada peperangan juga dunia pendidikan. Teks quran sebelumnya dijadikan teks otentik dan sah. Selain itu, beliau juga membangun pusat administrasi di Madinah. Sosok menumpas separatis serta memanfaatkan apa yang ada, mempersiapkan stabilitas, seorang yang cerdas. Beliau juga menetapkan berlakunya kalender hijriah yang bermula dari hijrahnya nabi ke Madinah dari Mekkah. Tatkala ia sedang meninggalkan Syam, terjadi wabah penyakit di Syam, Umar pun diminta untuk tidak kembali. 

Militer

Umar memiliki strategi untuk melakukan penyusupan dengan melihat gerak gerik musuh. Selama 10 tahun, Umar membuat pemerintah menjadi solid sehingga mampu menahan Persia dan Romawi. Umar juga melanjutkan usaha Khalid bin walid untuk menghadapi ekspansi Byzantium ke Palestina. Melihat riwayat-riwayat kemenangan beliau, Umar memutuskan untuk mengganti Khalid bin Walid karena mengasihaninya yang cukup “baik atau lemah lembut” terhadap musuhnya. Tahun 637, merupakan tahun Umar menguasai Yordania. Penaklukkan Yerusalem tahun 638 Umar sempat tertidur selama 10 hari. 

Penaklukan Iskandaria dilakukan dengan cara damai sehingga membuat pernyataan baru bahwa Islam tidaklah kaum dengan “kekerasan”.

Refleksi 

  1. Umar bisa mengalahkan dua bangsa besar
  2. Berhasil mengubah peta politik dunia
  3. Melakukan politik merangkul
  4. Perkampungan militer
  5. Hak sawafi (jenderal mengolah tanah di Persia)

Doa minta kepada Allah agar masa lalu segera berakhir. Ingin mati terbunuh dalam keadaan syahid. 

Akhir sang Khalifah: ada budak seorang majusi, awalnya perkara pajak yang dianggap terlalu mahal. Orang terbit menyimpan sabit di masjid kemudian menusuk Umar dalam 3 tusukan. Pembunuhan tersebut dianggap kontroversial.

    

Sesi 2 | Tanya Jawab 

 

Pertanyaan: Pemimpin pasti memiliki seorang penasehat. Penasehat tersebut siapa?

Apakah pernah mengambil salah keputusan saat strategi perang?

Apakah ada wilayah yang ingin sekali ditaklukkan tetapi belum bisa?

 

Jawaban

  1. Ali bin Abi Thalib. Banyak pendapat dan keputusan dari proyek besar mengambil saran dari Ali. Kenapa? Karena kemampuan Umar dianggap oleh abu bakar yang bisa menyatukan Mekah Madinah serta keluarga nabi. Banyak peran dari Ali. Kenapa Ali? Orang terdekat dengan nabi. 
  2. Pengangkatan Muawiyah sebagai gubernur Syiria, Damaskus. Anak dari abu Sufyan. Bukan orang orang lama. Mengapa? Karena kebesaran Muawiyah dapat menguasai Damaskus. Ada keputusan dari kamp kamp militer dan berhak atas sebuah kampung serta tanah tanah yang dikuasai Persia. Maka dari itu, pembunuhan Umar disebabkan oleh pajak. Seorang jenderal menjadi budak di Mekah
  3. Afrika Selatan, Utara. Hanya sebatas Maroko. Anatolia belum bisa. 

 

Pertanyaan: Umar telah melakukan ekspansi di tanah palestina yang dikuasai Byzantium. Terkait metode atau strategi yang Umar lakukan untuk bisa mengekspansi sehingga memperoleh Baitul maqdis? Keputusan Khalid bin Walid diganti menjadi abu Ubaidah?

 

Jawaban: Umar belum menyentuh Byzantium. Termasuk Anatolia. Strategi: 1. , 2. memanfaatkan bagian kekuatan Islam di daerah jalur non lintasan Byzantium (bagian pedalaman Arab), 3. Pasukan yang digerakkan Byzantium merupakan pasukan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.